Initiative For Disaster

Emergency Response | Peduli Bencana Banjir – OP

0%

Rp0

Donasi Terkumpul

Rp0

Donasi Tersalurkan

0

Donatur

Rp100 Jt

Total kebutuhan
Rp
Bagikan:


Update Bencana: 8 Januari 2020


Update Bencana: 2 Januari 2020

Hujan deras sejak Selasa, 31 Desember 2019 mengguyur seluruh wilayah di Jakarta dan sekitarnya hingga pukul 07.35 pagi, hujan masih terus mengguyur. Akibatnya, sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya terendam banjir setelah diguyur hujan semalaman. Ketinggian air di bendungan Katulampa 170 sentimeter, kondisi hujan dan status siaga 2.

Sejumlah wilayah di Jabodetabek terendam banjir dengan ketinggian bervariasi dari 30 cm hingga 200 cm. Berdasarkan hasil pemantauan, terdapat 7 kecamatan di Jakarta Selatan dan 10 kecamatan di Kota Bekasi yang terendam banjir.

Sebaran titik banjir di DKI Jakarta antara lain Jakarta Utara 2 titik, Jakarta Barat 7 titik, Jakarta Pusat 2 titik, Jakarta Timur 12 titik, dan Jakarta Selatan 38 titik. Banjir parah juga terjadi di wilayah penyangga Ibukota di Bekasi, Depok juga Tangerang, antara lain Kabupaten Tangerang 1 titik, Kota Tangerang 2 titik, Tangerang Selatan 5 titik, Kota Bekasi 52 titik, dan Kabupaten Bekasi 26 titik.

Derasnya hujan membuat air sungai Cipinang Besar Utara meluap hingga masuk ke rumah-rumah warga di permukiman Cipinang Pulomaja, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, RT 06/RW 11. Wilayah sekitar seperti Bekasi di Jl. P. Maluku Perummas 3 Bekasi Timur Permukiman di kawasan Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Di sebagian wilayah Bekasi, Jawa Barat, listrik bahkan dipadamkan akibat banjir yang merendam wilayah tersebut. Pemadaman listrik terjadi sejak sekitar pukul 05.30 WIB.

Selain menimbulkan kerusakan juga menyebabkan korban meninggal. Sampai saat ini data yang berhasil BNPB kumpulkan terdapat 16 orang meninggal akibat banjir dengan rincian DKI Jakarta 8, Kota Bekasi 1, Kota Depok 3, Kota Bogor 1, Kab. Bogor 1, Kota Tangerang 1, dan Tangerang Selatan 1.

Source : https://bnpb.go.id/berita

     I. Kebutuhan saat ini

  • Evakuasi warga terdampak yang harus mengungsi
  • Makanan siap santap
  • Air mineral
  • Selimut dan tikar
  • Obat-obatan
  • Air Bersih

II. Respons PKPU Human Initiative

  1. Berkoordinasi dengan BNPB, BPBD dan relawan setempat
  2. Evakuasi 66 warga ke tempat aman, terdiri dari 11 bayi, 19 anak-anak, 5 perempuan, 2 laki-laki, 15 lansia dan 2 orang sakit)
  3. Kaji Cepat di 4 titik, antara lain Pondok Gede, Babelan, Tambun, dan Tangerang
  4. Membuka 1 pos induk koordinasi, 2 mobile pos, dan 1 pos dapur air di Pangadega

   III. Rencana Aksi

  1. Evakuasi warga dengan 2 tim dan perangkat armada evakuasi
  2. Mendirikan pos dapur air di beberapa titik
  3. Distribusi bahan makanan siap santap
  4. Distribusi alat kebersihan diri
  5. Distribusi alat-alat kebersihan
  6. Melakukan kaji cepat kebutuhan


Update Bencana: 1 Januari 2020

Hujan deras sejak Selasa, 31 Desember 2019 mengguyur seluruh wilayah di Jakarta dan sekitarnya hingga pukul 07.35 pagi, hujan masih terus mengguyur. Akibatnya, sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya terendam banjir setelah diguyur hujan semalaman. Ketinggian air di bendingan Katulampa 170 sentimeter, kondisi hujan dan status siaga 2.

Diketahui air mulai menggenangi sejumlah wilayah di Jadetabek, diantaranya permukiman Cipinang Pulomaja, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, RT 06/RW 11, Jl Marga Jaya, Rawa Buaya, Cengkareng; Tanjung Duren, Jakarta Barat, serta Kelapa Gading, Jakut, Perumahan Palad Pulo Gadung Jaktim, Kampung Tengah Kramat Jati Jaktim, serta wilayah lainnya Derasnya hujan membuat air sungai Cipinang Besar Utara meluap hingga masuk ke rumah-rumah warga di permukiman Cipinang Pulomaja, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, RT 06/RW 11. Menurut data BPBD DKI Jakarta dan Dinas Sumber Daya Air, yang dikutip dari lama liputan6.com, terdapat 19 RW di DKI yang tergenang banjir.

Wilayah sekitar seperti Bekasi di Jl. P. Maluku Perummas 3 Bekasi Timur Permukiman di kawasan Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Di sebagian wilayah Bekasi, Jawa Barat, listrik bahkan dipadamkan akibat banjir yang merendam wilayah tersebut. Pemadaman listrik terjadi sejak sekitar pukul 05.30 WIB.

II. Kebutuhan saat ini
– Evakuasi warga terdampak yang harus mengungsi

III. Respons PKPU Human Initiative
– Berkoordinasi dengan BNPB, BPBD dan relawan setempat
– Evakuasi warga ke tempat aman
– Kaji Cepat

IV. Rencana Aksi
– Evakuasi warga
– Mendirikan pos dapur air

 

 


Berbagai bencana melanda Indonesia.

Indonesia yang terletak di kawasan Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire) memang memiliki potensi bencana alam yang tinggi. Berada di gugusan gunung api dan titik pertemuan sejumlah lempengan bumi membuat Indonesia rawan diterpa amukan alam.

Indonesia harus terus menghadapi resiko letusan gunung berapi, tsunami, banjir hebat, gempa bumi, kekeringan, kabut asap dan lain sebagainya. Banyak diantara saudara kita yang terkena dampak dan harus kehilangan apa yang dimilikinya.

Mari wujudkan #solusipeduli untuk membantu Mereka !



Update Bencana: November 2019

Hujan deras yang melanda Jorong Galapuang, Tanjung Sani, pada 20 November 2019 lalu mengakibatkan banjir dan longsor yang menghanyutkan 2 rumah, kerusakan berat pada 13 rumah, 1 madrasah, dan 1 masjid. Serta, akses jalan tertutup total akibat material longsor yang menutupi badan jalan sepanjang 200 meter dengan ketinggian kurang lebih mencapai 5,5 meter.

Pada tanggal 22 November 2019, juga dikeluarkan darurat bencana banjir oleh Pemkab Solok Selatan, selama 14 hari di Kec. Parik, Gadang, Diateh, dan Sungai Pagu. Ada 4830 Jiwa yang terdampak banjir.

Human Initiative telah mengirim Relawan, Fasilitas Umum dan Rumah Warga, serta mendirikan Dapur Air guna membantu para penyitas selama masa pengungsian.

Kami juga memiliki seruan aksi #SolusiPeduli bagi Sahabat Inisiator yang ingin bergerak membantu Para Penyitas

Bantuan yang Sahabat Inisiatot beri akan kami salurkan dalam bentuk Pengobatan, Pompa Air, Bantuan Evakuasi, dan juga Bantuan Hygen Kit kepada para Penyitas selama masa pengungsian.

I. Kondisi saat ini

  1. Banjir sudah surut tapi hujan masih mengguyur di beberapa titik.
  2. Warga saat ini sedang bersi-bersih rumah akibat banjir yang masuk ke rumah
  3. Beberapa warga diungsikan dirumah famili yang lain

 


Update Bencana: September 2019

Kabut Asap di Bumi Riau

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau terus bertambah. Kebakaran tersebut memicu munculnya kabut asap dan hampir merata menyelimuti bumi Lancang Kuning itu.

Sampai hari ini, PKPU Human Initiative terus melakukan beberapa aksi kegiatan, mulai dari berbagi masker, pemeriksaan kesehatan, sampai dengan pemberian vitamin dan pengobatan gratis, selain itu tim juga berkoordinasi dengan stakeholder di lapangan.

Kebutuhan utama yang dibutuhkan:

  • Masker biasa dan masker N95
  • Oxycan
  • Obat-obatan dan Multivitamin
  • Purifier (penjernih udara) fasilitas umum

Rencana Aksi

  • PKPU Human initiative berkoordinasi dengan berbagai pihak yaitu BPPD, Pemerintah
    setempat (Kades), Puskesmas di lokasi terdampak.
  • Melanjutkan aksi respon tanggap bencana asap dan layanan kesehatan.
  • Menyalurkan alat bantu nafas seperti oxycan, masker biasa dan masker N95

Tim Emergency Response KARHUTLA


Mari terus dukung kami untuk memberikan #solusipeduli bagi masyarakat yang terdampak Kabut Asap !


Update Bencana: Juni 2019

Respon Banjir Konawe

Konawe, Sabtu (15/6) PKPU Human Initiative Sulawesi Selatan mendistribusikan 2500 paket makanan siap saji di 3 Kecamatan terdampak banjir bandang konawe di antaranya kecamatan Wonggeduku, Pondidaha dan kecamatan Konawe. Proses distribusi berlangsung sejak hari Jum’at (15/6). Paket makanan siap saji ini berupa nasi, sayur dan lauk berupa ayam atau ikan.

Hasil Assesement dan koordinasi Tim PKPU Human Initiative sejak tanggal 10 Juni 2019, makanan siap saji dan air bersih adalah kebutuhan yang paling vital dan mendesak harus terpenuhi. Hal ini diakibatkan karena air yang masih menggenang dengan tinggi diatas 1 meter. Sehingga warga belum bisa memasak dirumahnya masing masing.
Proses distribusi bantuan juga tidak mudah, karena air cukup tinggi, sehingga tim menyalurkan bantuan menggunakan perahu menuju lokasi warga mengungsi.


Respon Banjir Bandang Soppeng

Hujan yang terus mengguyur selama sebulan terakhir telah membuat air sungai meluap terutama sekitar Desa Jampu, Dusun Lenrang. Tinggi air sempat mencapai 1,5 meter atau se-leher orang dewasa pada Sabtu (8/6) lalu. Saat ini air sudah mulai surut namun menyisakan lumpur dan memadamkan listrik sekitar. Lebih dari 5 hari warga tidak mendapatkan pencahayaan dan asupan air bersih.

Banjar Bandang yang terjadi sejak Sabtu (8/6) tersebut menyebabkan matinya listrik selama 3 hari dan tercemarnya air sungai yang menjadi sumber air bersih warga.
Ketersediaan air bersih menjadi kebutuhan mendesak saat ini. Bahkan masyarakat harus keluar dari desa untuk mendapatkan air bersih agar tercukupinya kebutuhan pokok tersebut. Kebutuhan mendesak lainnya adalah alat penerangan, obat-obatan, lotion nyamuk, higyne kit, dan sembako.

Respon Banjir Bandang Soppeng, Human Initiative Cabang Sulawesi Selatan berikan layanan kesehatan bagi warga terdampak, tepatnya di Desa Jampu Kecamatan Liliriaja, Kab. Soppeng. Hasil pemeriksaan kesehatan oleh Tim Human Initiative Sulsel, warga terdampak banyak mengalami diare dan gatal-gatal, selain itu anak-anak banyak yang terkena flu dan demam.


Tim Rescue Human Initiative Sulawesi Selatan terus melanjutkan respon untuk memberi bantuan terhadap warga terdampak Banjir Bandang Soppeng. Selain layanan kesehatan, Tim HI Sulsel juga mendirikan Dapur Air untuk memenuhi kebutuhan air minum dan makanan ringan bagi para pengungsi, serta menyediakan catu daya listrik untuk mengalirkan dinamo air warga sebagai penyedia pasokan air.


Respon Erupsi Gunung Agung

(Minggu, 09 Juni 2019)

Respon bencana Erupsi Gunung Sinabung, Tim Rescue Human Initiative Sumatera Utara bergerak membagikan masker bagi warga terdampak serta memberi obat tetes mata untuk warga yang terkena iritasi mata akibat debu erupsi.

Tim Rescue HI Sumut terus melanjutkan koordinasi dengan stakeholder dan pemerintah setempat untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya terutama kebutuhan warga terdampak.

Info lebih lanjut, hubungi Koordinator Relawan kami di lapangan, Joko Supranto : 081376612255

 


Program-program Emergency Response Human Initiative :

Berikut beragam bantuan yang diberikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak bencana:

1. RESCUE (Respon Cepat untuk Evakuasi)

  • Bantuan penyelamatan dan evakuasi komunitas yang terdampak bencana secara cepat dan tepat, meminimalkan risiko bahaya lainnya.

2. Dapur Air

  • Pemenuhan kebutuhan air minum dan air hangat untuk pengungsi, khususnya kelompok rentan agar tetap bertahan sampai kondisi kembali pulih. Umumnya bantuan ini dilaksanakan minimal selama 3 hari.

3. Serambi Nyaman

  • Penyediaan ruang khusus untuk kelompok rentan yang terdampak bencana agar dapat beraktivitas lebih baik. Serambi Nyaman dilengkapi dengan kasur, bantal, selimut, dapur air, dan kebutuhan dasar lainnya.

4. Dukungan Psikososial

  • Penyelenggaraan kegiatan bagi komunitas yang terdampak bencana, khususnya anak-anak. Kegiatan ini dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan trauma dengan membuat suasana lebih riang, ceria, dan peduli menyikapi keadaan yang ada.

5. Sejuta Masker

  • Kegiatan berbagi masker untuk masyarakat yang terdampak bencana erupsi atau terdampak asap kebakaran hutan.

6. Medis Darurat

  • Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di daerah pasca bencana bagi para pengungsi agar tetap terjaga kesehatannya. Pelayanan kesehatan ini meliputi pengobatan umum serta cek kesehatan bagi ibu dan anak.

7. Rumah Senyum

  • Pendirian shelter atau hunian sementara bagi keluarga pengungsi yang terdampak bencana.

8. Sekolah Inisiatif

  • Sekolah sementara yang didirikan pada saat situasi darurat.

9. Jamban Sementara

  • Pembangunan jamban darurat untuk para pengungsi yang terdampak bencana agar tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

10. Berbagi Air

  • Bantuan air bersih untuk masyarakat yang wilayahnya terdampak kekeringan hingga sulit mendapatkan air bersih.

11. Food Item

  • Bantuan makanan baik siap saji maupun bahan-bahan pokok seperti beras, tepung, minyak, dan sebagainya. Bantuan makanan yang diberikan disesuaikan denga kebutuhan para pengungsi.

12. Non-Food Item

  • Bantuan yang masuk ke dalam kategori non-food item yaitu family kit, school kit, cooking set, dan hygiene kit.

 

Mari jadi bagian dari #SolusiPeduli dalam menangani bencana alam yang menimpa saudara kita …

Selengkapnya
Tanggal Donatur Nominal
Total donasi offline 0,-

BANTU SEBARKAN KEBAIKAN

Ayo ikut berkontribusi dalam gerakan #solusipeduli !
Ajak lebih banyak orang untuk mewujudkan program kebaikan ini.

Jadi Fundraiser

Donatur

Ayo jadi donatur pertama di campaign ini!