Initiative For Children

Jambore Anak Hebat

0%

Rp0

Donasi Terkumpul

Rp0

Donasi Tersalurkan

0

Donatur

Rp100 Jt

Total kebutuhan
Rp
Bagikan:

Tidak kurang 25,95 juta jiwa penduduk Indonesia termasuk kategori miskin (BPS, Maret 2018). Dalam kerangka kependudukan nasional maka kondisi ini digambarkan dalam struktur piramida dengan persentase jumlah yang paling banyak adalah usia balita dan anak-anak. Masih menurut data susenas, sejak tahun 2007 angka ketergantungan keluarga terhadap orang tua tunggal mengalami kenaikan signifikan. Hal ini terutama di alami oleh perempuan usia produktif sebagai pencari nafkah.

Penyebab utama adalah hilang dan berkurangnya peran kepala keluarga dari kaum pria dengan berbagai penyebab. Antara lain kematian, perceraian, cacat fisik, kehilangan pekerjaan, atau sebab lainnya. Dampak yang ditimbulkan adalah meningkatnya jumlah anak yang bertumpu pada pengasuhan orangtua tunggal. Kategori inilah yang biasa disebut anak yatim yang secara secara langsung dapat mengurangi hak-hak sipil dan hidup layak anak. Faktor ketergantungan terhadap orang lain akan mulai meningkat sementara pemenuhan hak-hak dasar semakin berkurang. Padahal menurut adat yatim mandiri saat ini ada 3,2 juta yatim di Indonesia

Berbagai macam perlakuan dan intervensi telah dilaksanakan oleh pemerintah dan pihak terkait lainnya. Namun jutaan anak yang hidup di kota belum merasa tenang dan nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti bersekolah, bermain dan berekreasi (David Sucher, 1995 : 65).

Tercermin dari keterbatasan akses ke pelayanan kebutuhan dasar anak seperti kesehatan, pendidikan, sekolah, tempat bermain, tempat rekreasi terganggu atau kurang nyaman menggunakan jalan, pedestrian, tempat bermain dan ruang terbuka.

Kebutuhan akan rasa aman dan nyaman menjadi dambaan setiap anak. Dengan demikian, anak bisa melakukan kegiatan sehari-hari sekaligus mengembangkan potensinya di sekitar sekolah dan tempat tinggalnya. Hal tersebut menjadi salah satu indicator untuk kami menggagas kegiatan anak khususnya anak yatim untuk membantu memberikan harapan baru supaya anak tetap semangat dan optimis meraih cita-citanya.

Anak yatim adalah bagian dari generasi yang membutuhkan perhatian dan belaian kasih sayang dari semua pihak, khususnya keluarga yang diberikan kelapangan waktu dan kecukupan penghasilan untuk dapat terlibat mendidik dan mengasuh apapun model partisipasinya. Oleh Sebab itu, PKPU Human Initiative Jawa Barat menggagas program program Jambore anak hebat 2019.

Tujuan Program

  1. Memberikan alternatif bentuk kegiatan dan rekreasi anak yatim dengan mencantumkan unsur Pendidikan, kebebasan, hiburan, dan sesuai kebutuhan.
  2. Mendidik dan mengarahkan agar anak yatim dapat mengambil keputusan secara mandiri dan terbuka atas dasar kebutuhan prioritas.
  3. Membina dan mengarahkan anak yatim agar bukan menjadi beban sosial dan senantiasa dapat berkontribusi bagi keluarga dan lingkungannya.

Wilayah & Penerima Manfaat Program

Target wilayah dan penerima manfaat program merupakan anak yang memenuhi syarat. Berikut beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi calon penerima manfaat program adalah :

  1. Usia 9 – 15 tahun atau anak usia SD, SMP dan yang sederajat
  2. Menyerahkan permohonan tertulis
  3. Bukti surat pengantar dan keterangan tidak mampu dari kelurahan

Deskripsi Program

Jambore Anak Hebat adalah program Outbond dan camp anak khususnya yatim yang dikemas dalam bentuk kegiatan pelatihan dan pendidikan. Program ini memasukkan unsur edukatif berupa arahan kepada mereka untuk mengoptimalkan potensi serta memujudkan citacita mereka, juga pemahaman keagamaan. Di samping itu konsep acara tetap dibuat menarik dan menghibur misalkan dengan mendatangkan pembicara dari kalangan Motivator, instruktur outbound, psikolog anak, fasilitator. Sedangkan Beasiswa adalah Bantuan Materil untuk kelangsungan pendidikan anak Yatim berupa subsidi biaya pendidikan.

“Kami mengumpulkan banyak anak yatim dengan total 150 anak yang akan mengikuti kegiatan ini pada bulan Oktober 2019.”

Selengkapnya
Tanggal Donatur Nominal
Total donasi offline 0,-

BANTU SEBARKAN KEBAIKAN

Ayo ikut berkontribusi dalam gerakan #solusipeduli !
Ajak lebih banyak orang untuk mewujudkan program kebaikan ini.

Jadi Fundraiser

Donatur

Ayo jadi donatur pertama di campaign ini!