Jawa Barat

Jembatan Putus! 4.786 Jiwa Terisolasi

0%

Rp50.000

Donasi Terkumpul

Rp0

Donasi Tersalurkan

1

Donatur

Rp100 Jt

Total kebutuhan
Rp
Bagikan:

Beberapa bulan lalu, satu-satunya jembatan yang menghubungkan dua wilayah antara Desa Mekarjaya dan Desa Puncakbaru di Kecamatan Cidaun, Cianjur, Jawa Barat roboh. Penyebabnya jembatan sudah lapuk karena bahan material jembatan terbuat dari bahan kayu seadanya.

Robohnya jembatan tersebut mengakibatkan terputusnya akses masyarakat Desa Puncakbaru dari wilayah-wilayah sekitarnya. Jembatan ini merupakan satu-satunya akses yang sering digunakan masyarakat untuk jalan sekolah, membawa hasil tani, jalan alternatif dan akses jalan kedua desa. Akibatnya akses sekitar 4.786 Jiwa di Desa Puncakbaru terputus dan mereka kini terisolasi.

Jembatan Puncakbaru ini merupakan lintas warga khususnya para petani yang membawa hasil taninya. Pada tahun 1990-an dan 2000 jembatan tersebut pernah roboh dan dibangun lagi oleh swadaya masyarakat menggunakan tiang penyangga dari bambu dan gelagar kayu. “Ini kalau musim penghujan, debit air makin tinggi. Pasti roboh, warga jadi tidak bisa beraktivitas karena jembatan penghubung dua desa ini tidak bisa dipakai” ungkap Darip salah satu warga setempat.

Kondisi saat ini, masyarakat sudah berbondong-bondong membangun jembatan kembali yang roboh. Namun jembatan yang dibangun sifatnya sementara, belum bisa dibangun secara permanen karena tidak adanya dana. Sahabat Inisiator, mari kita bantu membangun jembatan tersebut secara permanen agar 4.786 Jiwa di Desa Puncakbaru tak lagi terisolasi dan mobilitas masyarakat jadi lancar.

Yuk, sisihkan sedikit dari rezekimu untuk membantu pemerataan pembangunan di wilayah pelosok negeri dan wujudkan Indonesia maju dengan kepedulianmu.

 

 

 

Selengkapnya
Tanggal Donatur Nominal
Total donasi offline 0,-

BANTU SEBARKAN KEBAIKAN

Ayo ikut berkontribusi dalam gerakan #solusipeduli !
Ajak lebih banyak orang untuk mewujudkan program kebaikan ini.

Jadi Fundraiser

Donatur


21 January 2023
Rp 50.000,-