FAQ Sebar Qurban

Apa itu program Sebar Qurban ?

Sebar Qurban merupakan salah satu program Qurban PKPU Human Initiative yang memfasilitasi dan membantu para Calon Pequrban (Mudhohy) dalam melaksanakan ibadah qurban untuk disalurkan ke wilayah terpencil dan kekurangan pangan di seluruh nusantara serta negara muslim di belahan dunia lain yang berada di pengungsian akibat konflik kemanusiaan.

Bagaimana cara berqurban melalui PKPU Human Initiative?

Para pequrban dapat melakukan registrasi pembelian hewan qurban melalui website solusipeduli.org/qurban, dan dapat memilih metode pembayaran yakni pembayaran via payment online midtrans dan pembayaran melalui transfer bank.

Untuk pembayaran via transfer bank mohon dapat melakukan konfirmasi kembali melalui website solusipeduli.org atau konfirmasi melalui WhatsApp di nomor 08119342667 atau email di welcome@pkpu.org, setelah melakukan konfirmasi pequrban secara otomatis akan mendapatkan SMS notifikasi dan telah terdaftar sebagai peserta qurban PKPU Human Initiative.

Silahkan cek data pequrban anda setelah 3 x 24 Jam dari konfirmasi yang dilakukan. Jika tidak ditemukan data pequrban Bapak/Ibu, mohon dapat menginformasikan kepada customer relation kami di  nomor (021) 87780015 atau WhatsApp 08119342667atau email di welcome@pkpu.org.

Bagaimana Metode pembayaran Qurban PKPU Human Initiative?

Ada 4 metode pembayaran qurban :

  1. Tunai : Melalui kantor PKPU Human Initiative terdekat, gerai carefour, giant, gerai perkantoran dan mall (detail lokasi silahkan cek di www.pkpu.org)
  2. Payment online : melalui link www.solusipeduli.org/qurban
  3. Debit Online : Untuk kemudahan transaksi, bagi nasabah Bank Mandiri, dan nasabah bank lain yang telah mendaftarkan kartu ATM-nya dalam fasilitas debit online, dapat menggunakan fitur debit online dengan mengakses link www.solusipeduli.org
  4. Transfer Manual : Silahkan transfer ke rekening qurban PKPU berikut :
    • BCA   600.032.7555   an. PKPU
    • Mandiri  126.000.1005.098   an. PKPU
    • BNI   117.85.928   an. PKPU
    • Muamalat   301.007.2502   an. PKPU Setelah transfer mohon agar melakukan konfirmasi melalui WhatsApp di nomor 08119342667 atau email ke welcome@pkpu.org Apabila tidak melakukan konfirmasi sama sekali maka laporan qurban tidak dapat kami kirimkan.
  5. E-Commerce/Online shop : PKPU Human Initiative bekerja sama dengan beberapa online shop seperti Tokopedia, Bukalapak, Blanja.com, Blibli.com, Elevania, Litebig, Vestifarm, dan YawMe.

Kapan batas waktu pendaftaran Qurban?

Pendaftaran qurban dapat dilaksanakan mulai saat ini hingga tanggal Hari Tasrik ke-2.

Untuk pendaftaran pada hari Raya Idul Adha sampai hari tasrik ke-2 dapat dimungkinkan laporan tidak sepenuhnya sesuai dengan standart yang ditetapkan.

Standar Laporan Qurban PKPU Human Initiative :

  • Ada Foto Hewan Hidup
  • Ada Nama pequrban di foto hewan
  • Ada Foto penyaluran

Apa bukti Qurban Saya telah dilaksanakan ?

Sebagai bukti telah dilaksanakannya penyembelihan hewan qurban,  pequrban akan mendapatkan laporan berupa sertifikat, foto hewan dengan nomor hewan dan nama pequrban yang akan dikirimkan dalam bentuk softcopy atau hardcopy. Soft Copy akan dikirimkan via WhatsApp dan Email pequrban, sedangkan hardcopy akan dikirimkan ke alamat surat-menyurat. Dengan batas waktu paling lambat 14 hari kerja.

Bolehkah pequrban menentukan lokasi distribusi?

Untuk kemanfaatan dan penyebaran yang merata maka PKPU Human Initiative tidak melayani permintaan daerah khusus (spesifik) atau pengiriman hewan qurban ke alamat tertentu.  Semua hewan qurban akan didistribusikan sesuai dengan zona wilayah distribusi yang tersedia.

Apa kelebihan berqurban melalui Sebar Qurban PKPU Human Initiative ?

  1. Harga Terjangkau : PKPU Human Initiative menawarkan harga qurban yang kompetitif, dan terjangkau bagi masyarakat luas dan dengan variasi harga yang menawarkan banyak pilihan berqurban.
  2. Transaksi Mudah dan Aman : PKPU Human Initiative menawarkan berbagai kemudahan pembayaran yakni adanya pembayaran online melalui website solusipeduli.org yang mudah dan aman. Para calon pequran dapat mengakses website tersebut untuk memilih hewan dan langsung melakukan transaksi. Pembayaran offline juga dapat dilakukan dengan melakukan transfer manual ke rekening qurban PKPU Human Initiative dan dapat melakukan konfirmasi via website atau via layanan customer service kami di nomor WhatsApp 08119342667. Human Initiative juga bekerja sama dengan beberapa bank seperti Bank BNI, Mandiri dan CIMB Niaga, terdapat menu pembayaran via ATM dan internet banking sehingga calon pequrban dapat melakukan pembayaran lebih mudah.
  3. Sesuai Nilai Syariat :  Hewan qurban yang disediakan oleh PKPU Human Initiative telah sesuai dengan syariat dan telah melalui standar quality control sehingga aman bagi para pequrban untuk melaksanakan ibadah qurban,
  4. Jejaring yang luas : PKPU Human Initiative merupakan lembaga kemanusiaan nasional yang memiliki 13 kantor layanan di seluruh Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku), 10 Representative Luar Negeri (Arab Saudi, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, Qatar, Taiwan, Turki, UEA (Uni Emirat Arab) dan 3 kantor cabang di Inggris, Australia dan Korea. Didukung jejaring yang luas hingga ke pelosok daerah, dalam dan luar negeri, dan dengan pengalaman yang luas dalam pelaksanaan program-program sosial kemanusiaan di hampir seluruh belahan dunia, Insya Allah pengontrolan distribusi qurban di daerah-daerah sasaran tersebut dapat dilakukan.
  5. Memberdayakan masyarakat daerah : PKPU Human Initiative memiliki program pemberdayaan BinterQ (Bina Ternak Qurban) untuk masyarakat kecil di daerah, memberdayakan peternak lokal sehingga dapat memajukan perekonomian daerah.
  6. Laporan Transparan dan Cepat : Para pequrban akan mendapatkan SMS Notifikasi terkait pemotongan hewannya dan akan mendapatkan laporan via Email/WhatsApp/Surat. Laporan via email dan whatsapp paling lambat diterima 14 hari kerja setelah hari tasyrik dan untuk laporan surat paling lambat diterima oleh pequrban 30 hari kerja.

Bagaimana Caranya Bisa Ikut Program “CICILAN QURBAN” ?

  1. Mendaftar dengan mengisi formulir cicilan qurban di website. Calon pequrban akan dihubungi oleh customer service kami untuk diinfokan no. ID dan mekanisme selanjutnya.
  2. Setiap melakukan pembayaran/transfer, mohon menuliskan No. ID tersebut, dan harap melakukan konfirmasi dengan menginfokan No. ID tersebut.
  3. Jumlah cicilan tidak ditentukan, namun batas akhir pelunasan adalah H-3 pelaksanaan Idul Adha.
  4. Pequrban yang telah melakukan pelunasan akan mendapatkan SMS Notifikasi dan setelah hari tasyrik mendapatkan laporan qurban (paling lambat 14 hari kerja).
  5. Setiap pequrban yg mendaftar dan melakukan program cicilan namun pada waktu yang ditentukan (tgl 06 Agustus 2019) belum dilakukan pelunasan maka secara otomatis kepesertaan sebagai calon pequrban “gugur” dan dana yang masuk akan kami salurkan ke dalam program “Sedekah Daging.”

 

QURBAN SEKARANG