Gmf Foundation

Bantu Malkam, Memulihkan Mata Air dan Melindungi Hutan Santong

0%

Rp0

Donasi Terkumpul

Rp0

Donasi Tersalurkan

0

Donatur

Rp100 Jt

Total kebutuhan
Rp
Bagikan:

Bantu Malkam, Memulihkan Mata Air dan Melindungi Hutan Santong

Hutan Santong terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, hutan ini merupakan hutan yang memiliki tiga iklim tropis yaitu Tropis Kering, Sedang, dan Basah, dengan kekayaan biodiversity terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sekitat tahun 2000 lalu, hutan ini masih menjadi jantung kehidupan masyarakat, terutama perannya sebagai oenghasil air untuk beberapa kecamatan di Kabupaten Lombok Utara. Beberapa tahun kemudian, mata air di hutan ini tergolong krisis, lebih dari 50 persen mata air dan sungai sudah mengering.

Sementara itu, hutan pun mulai terlihat gundul akibat penebangan hutan dan alih fungsi lahan. Pohonpohon besar penyangga mata air digantikan dengan pohon-pohon kopi, cengkeh dan pisang.

Lombok Utara yang dahulu merupakan rumah air, kini terancam kekeringan, terlebih gempa Lombok 2018 lalu juga banyak merenggut mata air di hutan-hutan Lombok Utara.

Malkam bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Alam Santong (PAS) akhir-akhir ini mulai menyadari persoalan tersebut. PAS bersama komunitas-komunitas pecinta lingkungan dan masyarakat setempat kini giat melakukan pemeliharaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang tersisa dan melakukan upaya-upaya penghijauan secara swadaya

Selengkapnya
Tanggal Donatur Nominal
Total donasi offline 0,-

BANTU SEBARKAN KEBAIKAN

Ayo ikut berkontribusi dalam gerakan #solusipeduli !
Ajak lebih banyak orang untuk mewujudkan program kebaikan ini.

Jadi Fundraiser

Donatur

Ayo jadi donatur pertama di campaign ini!