Initiative For Children

Rumah Belajar Online : Bantu Mereka Tetap Bisa Belajar

0%

Rp58.097.262

Donasi Terkumpul

Rp30.000.000

Donasi Tersalurkan (12/09/2020)

241

Donatur

Rp100 Jt

Total kebutuhan
Rp
Bagikan:

Program belajar dari rumah yang berkepanjangan akibat pandemi virus corona membuat sejumlah orang tua murid, terutama dari kelas sosial ekonomi bawah, gusar.

Pasalnya, agar program pembelajaran online atau daring berjalan efektif, mereka membutuhkan telepon pintar dan koneksi internet yang mumpuni.

Namun hal tersebut tidak dimiliki oleh Muhammad Marcel (8 tahun), yang kini duduk di kelas 2 SD. Banyak kendala yang Marcel hadapi untuk sekolah online, karena orang tuanya tidak memiliki telepon pintar yang memadai membuat ia harus mengambil tugas pelajaran ke rumah gurunya seminggu sekali dan mengumpulkan tugas yang sudah dia kerjakan seminggu kemudian dengan mengantarkannya ke rumah gurunya.

Marcel tinggal bersama ibu dan ayahnya di sebuah rumah kontrakan kecil. Ayahnya tidak bekerja karena sudah lanjut usia sedangkan ibunya bekerja sebagai asisten rumah tangga dengan gaji Rp. 600.000/bulan.

Hal serupa juga dirasakan oleh Agustina, anak kelas 1 SMP yang tinggal dengan keluarganya di sebuah rumah petak. Ayahnya sudah tidak bekerja karena mengalami stroke sejak tiga tahun yang lalu. Ibunya bekerja sebagai asisten rumah tangga dengan gaji Rp. 800.000/bulan.

Agustina anak yang rajin dan berprestasi. Beberapa kali dia mendapat juara 2 lomba Da’i antar sekolah dan juara 2 lomba mendongeng tingkat sekolah. Untuk sekolah online atau sekolah dari rumah, Agustina meminjam telepon pintar kakaknya karena dia tidak memiliki telepon pintar sendiri dan kendala yang sering dialami adalah ketika keluarga mereka tidak memiliki uang untuk membeli kuota atau pulsa untuk Agustina mengikuti sekolah online.

Dan masih banyak lagi anak-anak kita yang mengalami kesulitan dalam proses belajar ditengah pandemi ini, akibat keterbatasan fasilitas yang memadai. Menyikapi kondisi tersebut, Human Initiative menginisiasi program “Rumah Belajar Online” sebagai salah satu solusi untuk membantu mereka agar tetap bisa belajar dengan baik dan nyaman.

Ayo Bantu Mereka agar Tetap Bisa Belajar !

Selengkapnya

Arya Si Anak Tangguh Punya Mimpi Sebesar Gunung Everest. Siapa Takut?

10 November 2020

Keterpurukan bukanlah hal yang harus menjadikan penghalang seseorang untuk tidak berprestasi. Malah, seharusnya bisa menjadi pelajaran hidup untuk menyonsong masa depan lebih baik lagi.

Salah satunya seperti kisah M. Arya Zaka Maulana anak kelas 5 SD yang memiliki mimpi sebesar Gunung Everest. Ketika semangatnya semakin hari semakin menggebu, Arya mendapatkan musibah yang cukup membuatnya terpuruk. Ibu yang selalu mendukung apa yang dia lakukan harus berpulang, setelah cukup lama bertarung dengan penyakit yang di derita.

Kini, Arya si anak tangguh itu harus tinggal bersama Ayah, Kakak & Adik Perempuannya. Ayah yang bekerja sebagai Supir membuat Arya dan Kakaknya bergantian untuk menjaga adik yang masih kecil di rumah.

Arya si anak yang mempunyai rasa keingin tahuan yang sangat besar, memiliki keinginan yang tinggi untuk menjadi seorang pilot handal dan juga sebagai atlit E-sports seperti idolanya RRQ Lemon. Keren ya?

Semenjak Ada HOME Bandung Arya sangat antusias dalam mengikuti semua kegiatan yang ada. Hobi dan karya Arya semakin terlihat, melihat keahlian anak kelas 5 SD ini cukup mempuni dalam beberapa bidang seni dan olah raga.

“Aku sangat senang sekali dengan adanya home, aku jadi bisa bermain dan belajar bersama teman-temanku, aku juga senang dengan kakak-kakak yang ada di HOME. Aku jadi bisa belajar buat desain seperti idola ku”

Ayo Sahabat Inisiator, terus bantu Arya dan teman-temannya menggapai cita di HOME Bandung, mari kita bantu semakin banyak anak lagi untuk semangat menggapai mimpi disini.

Mandiri Sejak Dini, Sosok Rafka Penerima Manfaat RBO satu ini Sangat Inspiratif di Umurnya yang masih Muda

11 Oktober 2020

Namanya Rafka, anak manis kelas 6 SD adalah salah satu penerima manfaat program Rumah Belajar Online (RBO) di Home Bandung. Adik yang bercita-cita ingin jadi Tentara ini sangat baik dan sholeh sekali. Bayangkan saja, sedari kelas 4 Rafka tinggal bersama kakek dan neneknya. Rafka sudah ditinggal kedua orang tuanya di surga. Namun itu tak menyulutkan semangat belajar dan membuatnya tak lupa beribadah meski sendiri. Hebat ya?

Mandiri, adalah kata yang tepat untuk seorang anak yang mampu membantu dirinya dan kakek nenek bekerja. Di dalam keluarga hanya nenek yang bekerja sebagai guru ngaji di madrasah dan kakeknya sudah lama tak bekerja karena semakin menua. Rafka berinisiatif membuka usaha penyewaan internet (wifi) untuk teman-teman nya ini belajar, satu orang membayar 2 ribu rupiah saja. Dalam sehari ada 3-6 orang yang datang (tak tentu).

Bisa di bayangkan pendapatan Rafka untuk menabung dan dirinya jajan berapa? Itulah yang ia gunakan untuk mengurangi beban keluarga. Selama Pandemi, rafka daring memakai HP Kakeknya. Namun sekarang HP nya sudah tidak bisa dipakai, rafka kebingungan untuk belajar.

Program RBO ini adalah jawaban untuk Rafka dan teman-teman yang sama tak memiliki fasilitas belajar, di HOME Bandung adik-adik diberi fasilitas untuk mereka yang memiliki keterbatasan penunjang belajar seperti Laptop, HP dan Kuota. Rafka juga dibantu oleh Fasilitator selama pembelajaran.

“Aku kalo belajar biasanya sendiri, kakek nenek gak ngerti pelajaranku. Jadi setiap belajar aku mengerjakannya sendiri, padahal banyak PR yang aku kurang pahami. Kalo disini aku dibantu sama kakak-kakak” ungkap Rafka.

Sahabat Inisiator, terimakasih telah menghadirkan harapan bagi mereka adik-adik yang tengah mengejar masa depan gemilang meski dalam kondisi sulit seperti sekarang ini. Mari teruskan gerakan kebaikan ini, agar semakin banyak adik-adik kita yang merasakan manfaatnya.

Rumah Belajar Online bertambah 4 Lokasi di Pekan ini

17 September 2020

Sahabat Inisiator, Setelah kita bersama-sama menyiapkan Rumah Belajar Online (RBO) bagi Siswa/i Yatim dan Dhuafa, sekarang lokasi RBO telah bertambah lagi di 4 titik lokasi yang berada di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan juga Sumatera Barat.

Setelah di awal bulan lalu, kita sudah meresmikan RBO untuk 3 titik di Jakarta dan Depok. Dengan 7 titik lokasi RBO ini, Kita telah membantu 250 siswa/i Yatim dan Dhuafa dalam belajar online di masa Pandemi ini.

RBO ini dilengkapi dengan WIFI dan juga laptop sebagai penunjang pembelajaran daring yang bisa dimanfaatkan secara gratis oleh anak-anak Yatim dan Dhuafa di kawasan tersebut. Setiap RBO mampu menampung 20 anak atau lebih (tergantung pada luas tempat yang disiapkan warga) dimana setiap sesinya akan diisi oleh 5 orang anak dengan mematuhi protokol Covid-19. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengaplikasikan social distancing selama masa Pandemi ini.

Sampai hari ini, masih ada 13 RBO lainnya yang ingin Kami ikhtiarkan untuk disebar di berbagai titik di Indonesia. Di mulai dari Aceh, Purwokerto, Bandung, hingga Ambon.

Terimakasih Sahabat Inisiator, semua ini terwujud atas kebaikanmu yang tak pernah berhenti dalam mendukung pendidikan anak-anak Yatim dan Duafa di Indonesia . . .

Tanggal Donatur Nominal
Total donasi offline 0,-

BANTU SEBARKAN KEBAIKAN

Ayo ikut berkontribusi dalam gerakan #solusipeduli !
Ajak lebih banyak orang untuk mewujudkan program kebaikan ini.

Jadi Fundraiser

Donatur


30 November 2020

Semoga bermanfaat dan berkah. Aaaamiin Allahumma Aaaamiin

Rp 50.000,-

26 November 2020
Rp 200.000,-

26 November 2020
Rp 200.000,-

25 November 2020

Semoga teman2 panitia diberikan selalu kesehatan dan keberkahan untuk selalu berjuang..

Rp 4.500.000,-

25 November 2020

Semoga bermanfaat

Rp 150.000,-

25 November 2020

Semoga bermanfaat untuk Adik2 menggapai cita-cita

Rp 450.000,-

20 November 2020
Rp 150.000,-

18 November 2020
Rp 1.000.000,-

15 November 2020

-

Rp 100.000,-

14 November 2020

Semoga dapat bermanfaat

Rp 50.000,-

11 November 2020
Rp 100.000,-

11 November 2020
Rp 100.000,-

11 November 2020

Semoga kita semua selalu dlm limpahan kasih sayang Allaah

Rp 100.000,-

07 November 2020

Alhamdulillah

Rp 200.000,-

06 November 2020
Rp 100.000,-

05 November 2020

Semoga anak anak Indonesia selalu diberikan kemudahan oleh ALLAH SWT untuk belajar

Rp 100.000,-

03 November 2020

Kesehatan kesembuhan keselamatan

Rp 100.000,-

02 November 2020

Tetap belajar ya

Rp 100.000,-

01 November 2020
Rp 100.000,-

30 October 2020
Rp 100.000,-