Initiative For Disaster

Bantu Pengungsi Merapi

0%

Rp400.000

Donasi Terkumpul

Rp12.000.000

Donasi Tersalurkan (02/02/2021)

4

Donatur

Rp100 Jt

Total kebutuhan
Rp
Bagikan:

Penggalang Dana

Digital Partnership

Sahabat Inisiator, setelah Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Gunung Merapi dari tingkat waspada ke siaga (level III) pada 5 November 2020 lalu, dan membuat warga desa yang tinggal di dekat Merapi pun mengungsi. Namun, setelah situasi dinyatakan aman sebagian warga desa memutuskan kembali ke rumah untuk semestara pada 14 Desember 2020. 

Kini untuk pertama kalinya di tahun 2021 pada Senin (04/01) BPPTKG menyebut bahwa Gunung Merapi memasuki fase erupsi kembali. Hal ini membuat ratusan warga yang sudah berada di desanya harus kembali mengungsi. Team Rescue Human Initiative pun bantu pengungsi merapi dari Dusun Babadan I, Desa Paten, Kec. Dukun, Magelang untuk kembali mengungsi di Tempat Evakuasi Akhir yaitu di Desa Banyurojo, Kec. Mertoyudan, Kab. Magelang.

Ada 264 warga dari Dusun Babadan I, Desa Paten, Kec. Dukun, Magelang  yang diungsikan. Sebagian besar pengungsi berasal dari kelompok rentan yang terdiri dari Lansia, Anak-anak, Difabel, dan Ibu Hamil. 

Sampai saat ini, mereka masih membutuhkan bantuan kita. 

Anda dapat bantu pengungsi merapi dengan menyediakan kebutuhan mendesak saat ini, yaitu : 

  • Bahan pangan (Khususnya makanan siap saji)
  • Air bersih 
  • Kebutuhan Balita (Susu, Pampers, dan Minyak Telon)
  • Hygiene Kit (Masker, Sabun Cuci Tangan, dan Handsanitaizer)

Saat ini Team Rescue Human Initiative di Yogyakarta telah mendirikan Pos Dapur Air di beberapa titik pengungsian, seperti di Deyangan dan Banyurojo, Barak Gayam, dan juga Desa Tlogolele.

Saat ini para pengungsi juga membutuhkan Hygiene Kit, peralatan Bayi dan Balita, juga alas untuk tidur selama di pengungsian.

Mari bantu penuhi kebutuhan para warga yang harus terpaksa mengungsi saat siaga letusan Merapi …

Selengkapnya

Kebaikan Anda tak pernah berhenti Tersalurkan

29 Januari 2021

Kebaikan Anda tak pernah berhenti Tersalurkan

Sahabat Inisiator,
Telah terjadi erupsi besar di Merapi pada Rabu (27/01) pukul 13.32 WIB. Erupsi awan panas dengan jarak luncur maksimum mencapai lima kilometer ini sempat membuat warga Sleman berlarian keluar rumah karena merasa kaget.

Setelah mendapat informasi bahwa warga Turgo Purwobinangun Pakem mengungsi secara mandiri ke Barak Purwobinangun, Tim Human Initiative langsung melakukan respon erupsi dengan mendistribusikan 30 kasur serta 600 paket makanan siap saji untuk penyintas. Sampai pukul 23.00 WIB jumlah penyintas di Barak Purwobinangun berjumlah 145 jiwa.

Mohon doanya ya Sahabat Inisiator semoga warga Merapi diberikan kesabaran dan keselamatan.

solusipeduli.org/siaga-merapi

Salam,
#SolusiPeduli

Respons Merapi, Relawan Sediakan Barak untuk Penyintas

10 Januari 2021

 

Evakuasi Warga Terdampak Erupsi Merapi

06 Januari 2021

Sahabat Inisiator,
Lava pijar masih terlihat di Gunung Merapi, dan luncuran lava pijar pun terus mengalir hingga sekarang. Sesekali juga terdengar suara gemuruh saat terjadi guguran (10/1).

Seperti apa kata pepatah, bahwa Kita harus Sedia Payung sebelum Hujan. Tim Rescue Human Initiative pun mulai menyiapkan Barak pengungsian untuk para Penyintas dengan memasang kasur, bantal, dan selimut. Hal ini sebagai bentuk kesiapan jika nantinya warga harus mengungsi ke Barak Gayam, Kelurahan Argomulyo, Kapanewon Cangkringan, Sleman.

Tentunya, semua ini berkat dukunganmu yang setiap hari selalu Siaga membantu untuk memenuhi kebutuhan para Penyintas di Merapi

Terimakasih Sahabat Inisiator, kehadiran Anda selalu terasa di tengah-tengah para Penyintas tuk hapuskan sebagian dukanya

Salam,
#SolusiPeduli

Tanggal Donatur Nominal

Donatur


13 January 2021
Rp 100.000,-

12 January 2021

Barakallah

Rp 100.000,-

12 January 2021
Rp 100.000,-

12 January 2021
Rp 100.000,-